Wednesday

Tips Merawat Keputihan Dan Pelajarilah Penyebabnya

Tips Merawat Keputihan - Keputihan atau cairan lendir yang keluar dari vagina ada berbagai sifatnya dan berbeda di antara seorang wanita dengan yang lain.

Keputihan biasanya berwarna jernih atau kelabu keputihan. Biasanya, jika keputihan tidak berubah warna kekuningan atau kehijauan berarti tidak ada infeksi.

Sama juga jika keputihan bersifat berlendir dan tidak beku seperti basi atau berubah berbau amis, atau ada peradangan dan gatal pada vagina menandakan infeksi.

Sebab Terjadinya Keputihan:

  • Keputihan atau lendir vagina berubah akibat perubahan hormon, perubahan mental, infeksi, obat, penyakit internal. Wanita memiliki siklus menstruasi yang dipengaruhi oleh hormon.
  • Keputihan akan bertambah cair ketika ovulasi dan bertambah kental ketika hampir haid.
  • Wanita yang dalam kondisi terangsang seksualnya juga dapat menambahkan lagi keputihan yang dialaminya.
  • Kondisi stres mental juga dapat mengakibatkan perubahan hormon dan mengakibatkan keputihan berlebihan.
  • Begitu juga dengan penyakit internal seperti diabetes, tiroid juga mengakibat ketidakseimbangan hormon dan cenderung kepada penyakit. 
  • Penyakit yang paling umum menyebabkan perubahan lendiran vagina adalah infeksi seksual seperti Bacterial vaginosis, Candida vaginitis, Trichomonas vaginitis, gonore, Chlamydia atau herpes. 
  • Setiap infeksi memiliki sifat lendiran dan bauan tertentu. Konsultasikan dengan dokter untuk memastikan bahwa keputihan itu adalah cuma lendiran vagina normal dan bukan disebabkan oleh infeksi.

Jika Anda aktif dalam melakukan hubungan kelamin, maka Anda perlu melakukan tes pap smear dan pemeriksaan panggul.

Gunakan alas celana dalam (panty liner) untuk mengurangi lendiran dan radang pada kemaluan. Hindari wewangian dan pencuci antiseptik karena ini akan membahayakan kondisi ini.

Berikut tips merawat keputihan pada wanita:

Tips Pertama
Ambil secekak pucuk pegaga dengan akarnya sekali dan bersihkan. Kemudian Anda rebuslah pucuk pegaga tadi bersama 2 gelas air bersih. Masukkan sedikit garam kedalam itu. Setelah mendidih, biarkan hingga dingin. Ketika telahpun dingin, Anda tapislah kaldu itu. Minum air tersebut 2 kali sehari. Amalkan sehingga masalah rasa gatal itu sembuh.


Tips Kedua
Ambil 12 lembar daun sirih dan bersihkanya. Kemudian Anda sediakan 1 liter air hangat. Remas semua tadi bersama air hangat tadi. Tapislah air tersbut. Gunakan air filter untuk mencuci bagian alat sulit Anda. Selain dapat menghilangkan rasa gatal dan bau, tips ini juga bisa merapatkan kembali bagian alat sulit wanita. Lakukan sampai Anda dapat mengatasi masalah keputihan yang dialami.

Perhatian: Kiat tradisional ini hanyalah alternatif untuk pengobatan yang tersedia dari orang-orang tua terdahulu. Namun Anda disarankan berkonsultasi dengan dokter sehingga tidak ada efek samping.

No comments:

Post a Comment